(Tulisan berikut ini adalah artikel yang diambil dari tabloid Mom & Kiddie Edisi 4 Th.III dengan judul yang sama, yang kami rasa cukup bagus untuk masukan bagi kita para orangtua. Semoga bermanfaat.)

Agar pendidikan yang Anda terapkan untuk balita Anda mendapatkan hasil optimal, ada 3 hal dasar sederhana yang bisa dilakukan: nyaman, bermain, dan mengajar. Setiap hari terapkan ketiga hal ini dalam hal-hal kecil yang Anda lakukan bersama anak Anda untuk membantunya melakukan yang terbaik.

NYAMANKAN anak Anda. Kenyamanan adalah hal pertama yang dibutuhkan anak dari orangtuanya. Ketika Anda menenangkan anak Anda, ia belajar untuk merasa aman, dicintai, dan dihargai.

BERMAIN bersama anak Anda. Bermain adalah pekerjaan utama anak-anak. Anda adalah mitra bermainnya yang paling utama. Saat ia bermain bersama Anda, ia akan belajar mengeksplorasi dan menemukan isi dunia dan perannya di dalamnya.

AJARI anak Anda. Mengajar adalah bagaimana orangtua membantu anaknya belajar. Kala Anda mengajar anak Anda, ia belajar bagaimana berhubungan dengan orang lain, memecahkan masalah dan berkomunkasi.

Sebagai orangtua, Anda punya banyak peran sepanjang kehidupan anak Anda. Salah satu peran penting adalah menjadi gurunya. Sejak ia bayi, Anda mengajarinya bagaimana berkomunikasi, bersama orang lain, memecahkan persoalan dan mengungkapkan pikiran dan perasaannya. Setelah besar, Anda akan mengajarinya tentang benar dan salah, bagaimana terus berusaha sewaktu menghadapi masalah, dan banyak lagi.

Saat Anda mengajari anak Anda, ingatlah selalu kemampuannya. Apa yang Anda ajarkan dan bagaimana cara Anda mengajarinya akan berubah seiring waktu. Bagaimana tanggapan Anda ketika ia mencoba belajar akan menentukan bagaimana perasaannya terhadap dirinya sendiri dan bagaimana caranya belajar di masa mendatang.

Ketika Anda bicara dengan anak Anda, bahkan saat bayi Anda baru lahir, ia mulai belajar tentang bahasa. Kalau Anda mengikuti tanda-tandanya, maka Anda akan mengajarkan bahwa ia bisa membuat pilihan sendiri dan bahwa Anda menghargai pilihannya.

Pada saat Anda bekerja bersamanya memecahkan masalah, ia belajar berkonsentrasi, bersikukuh dan penuh rasa ingin tahu. Anda mengajarinya bahwa sungguh berharga untuk tetap berusaha menemukan solusi. Dan ingat, salah satu cara terpenting mengajar anak-anak adalah dengan memberi contoh – teladan Anda. Anak Anda akan menghabiskan banyak waktu memperhatikan Anda dan bagaimana Anda mengahadapi keadaan dan orang lain.

Masih ada banyak cara untuk mengajar anak-anak dalam kegiatan dan rutinitas sehari-hari, misalnya:

Bayi
JIka Anda melakukan ini: membalas suara mendengkut bayi Anda dengan suara yang serupa.
Bayi Anda akan: tahu bahwa Anda tertarik dengan apa yang dikatakannya. Ia merasa terdorong untuk mendengkut lagi. Dan akhirnya menirukan suara-suara yang akan membantunya membentuk kata-kata saat dirinya besar nanti.

Balita
JIka Anda melakukan ini: menggunakan angka dan menghitung apapun yang bisa dihitung selama bermain dengan balita Anda, entah itu sedang bermain boneka maupun menyusun kotak kubus.
Balita Anda akan: meniru bagaimana Anda memakai angka agar merasa ‘sudah besar’. Ia juga akan berlatih menghitung barang-barang lainnya, seperti mobil-mobilan dan mainan lainnya.

Anak Prasekolah
Jika Anda melakukan ini: meminta anak Anda melakukan tugas-tugas sederhana, seperti memilih pakaiannya sendiri dan mengenakannya.
Anak Anda akan: merasa hebat dan percaya diri. Ia akan lebih yakin akan kemampuannya dan membuat keputusan, dan mengantisipasi kalau-kalau ia dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas yang lain.