Hari Sabtu tanggal 20 September 2008, bertepatan dengan tanggal 20 bulan Ramadhan 1429H anak-anak dan guru-guru beserta orang tua murid sekolah ECM mengadakan kunjungan ke panti asuhan Restu Ilahi yang terletak di Kavling Nongsa, Batam. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mengenalkan anak-anak didik sekolah ECM akan rasa saling berbagi kebahagiaan dan kasih sayang dengan anak-anak lain yang kurang beruntung, dalam hal ini anak-anak yang telah ditinggalkan oleh kedua orangtua dan dalam keadaan tidak punya. Apalagi di bulan Ramadhan ini semangat ibadah sangat tinggi dan bisa menjadi awal untuk memupuk nilai-nilai teladan bagi anak-anak.

Kunjungan ini diawali dengan keberangkatan anak-anak, para guru, dan beberapa orang tua murid ECM dari halaman sekolah, bersama-sama dengan menggunakan 2 buah mobil minibus sewaan dan beberapa mobil pribadi. Walaupun perjalanan yang ditempuh cukup jauh ke Nongsa, melewati jalan yang berliku-liku dan sempat beberapa kali harus bertanya kepada penduduk setempat dan di bawah terik matahari Batam yang menyengat, akhirnya rombongan sampai juga di tempat tujuan.

Sesampainya di tempat tujuan, rombongan disambut oleh para pengurus panti dan anak-anak panti asuhan dengan penuh keramahan dan sukacita. Lalu acara pun dimulai, dengan diawali oleh perkenalan oleh Kepala Sekolah ECM Ibu Patmawati, yang menjelaskan maksud kedatangan rombongan ECM ke panti asuhan Restu Ilahi. Kemudian setelah acara perkenalan dan ramah tamah dari kedua belah pihak (rombongan ECM dan panti asuhan),anak-anak didik sekolah ECM mempersembahkan hiburan dengan bernyanyi di depan teman-teman mereka dari panti asuhan, dengan penuh semangat dan gembira. Begitu juga anak-anak dari panti asuhan memberikan hiburan dengan menyanyi dan berpuisi untuk teman-teman mereka dari sekolah ECM.

Akhirnya rombongan sekolah ECM harus undur diri mengingat hari sudah menjelang sore. Dan sebelum pulang kembali ke Batam Center, secara simbolik Kepala Sekolah ECM dan perwakilan dari orangtua murid menyerahkan beberapa bingkisan sembako sumbangan dari anak-anak didik ECM kepada pengurus panti, yang disambut dengan penuh syukur dan sukacita. Lalu semuanya berfoto bersama dan acara ditutup dengan saling bersalaman dan berpamitan.

Semoga acara ini dapat menjadi awal bagi anak-anak didik ECM untuk terus memupuk rasa kasih sayang kepada sesama.