Hari Sabtu, tanggal 18 Oktober 2008 para orangtua murid sekolah ECM diundang untuk menghadiri acara Halal bi halal dan Rapat Pelaporan Pertanggungjawaban Sekolah. Bertempat di rumah Kepala Sekolah ECM Ibu Patmawati, rapat dan halal bi halal yang dihadiri oleh kurang lebih 30 orangtua murid ini dimulai pada pukul 08.30 dan dipimpin oleh Ibu Patmawati sendiri.

Dalam rapat ini Ibu Patmawati melaporkan dan menjelaskan kegiatan-kegiatan pendidikan yang selama ini sudah dan sedang berlangsung di sekolah ECM, serta menyebutkan pula beberapa program yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada bulan Oktober ini dan bulan-bulan yang akan datang. Adapun program-program tersebut merupakan program ekstrakulikuler yang tentunya melibatkan seluruh murid sekolah ECM dalam rangka pengembangan pengetahuan mereka di luar materi sekolah.

Seperti dijelaskan oleh Ibu Patmawati bahwa kegiatan ekstrakulikuler yang telah dilaksanakan sejak dibentuknya Komite Sekolah pada bulan Juli 2008 adalah: Perayaan Hari Kemerdekaan ke-63 RI pada tanggal 16 Agustus 2008, mengikuti Pawai Perayaan Kemerdekaan RI pada tanggal 23 Agustus 2008, dan Kunjungan ke Panti Asuhan pada tanggal 20 September 2008. Pada kesempatan ini Ibu Patmawati menjelaskan pula bahwa pada dasarnya kegiatan ekstrakulikuler harus melibatkan seluruh murid sekolah ECM. Tetapi apabila ada kegiatan tertentu yang tidak memungkinkan melibatkan seluruh murid krn keterbatasan jumlah guru yang mengawasi, maka cukup diwakili beberapa murid untuk membawa nama sekolah. Contohnya adalah kegiatan mengikuti Pawai Perayaan Kemerdekaaan RI yang hanya melibatkan 30-an murid dari total 70-an murid sekolah ECM. Dengan penjelasan ini diharapkan semua orangtua murid mengerti dan maklum, sehingga tidak ada persangkaan dan salah paham yang dibicarakan ‘di belakang’.

Dalam kesempatan ini Ibu Patmawati juga menghimbau agar semua murid selalu hadir pada kegiatan ekstrakulikuler di hari Sabtu kecuali bila sakit ataupun ada keperluan yang sangat penting, sebab hari Sabtu akan diisi dengan kegiatan kesenian seperti menyanyi dan menari, sebagai persiapan untuk acara perpisahan sekolah dan lomba-lomba/panggung perayaan. Adapun kegiatan ekstrakulikuler yang dijadwalkan yang akan datang adalah sebagai berikut :

  • Kunjungan ke RS Budi Kemuliaan (tema: fasilitas kesehatan umum) –> dijadwalkan tgl 25 Oktober 2008 (jika tdk ada halangan)
  • Olahraga Renang bersama –> November 2008
  • Kunjungan ke Kebun Sayur Barelang dan Outbound (tema: berkebun dan rekreasi) –> Desember 2008
  • Naik Bus Kota Batam bersama (tema: sarana transportasi umum darat) –> Januari 2009
  • Kunjungan ke Bandara Hang Nadim (tema: sarana transportasi umum udara) –> Februari 2009
  • Kunjungan ke Poltabes Barelang (tema: profesi) –> Maret 2009
  • Olahraga Renang bersama –> April 2009
  • Kunjungan ke stasiun Batam TV dan Batam Pos (tema: telekomunikasi dan informasi) –> Mei 2009
  • Kunjungan ke Gedung Kebudayaan (tema: tanah airku) –> Juni 2009

Selain itu Ibu Patmawati juga menyinggung mengenai tabungan anak-anak di sekolah, bahwa pada dasarnya tabungan tersebut akan menguntungkan para orangtua murid sendiri, sebagai persiapan/tambahan biaya yang dibutuhkan untuk kelulusan murid nanti. Setelah penjelasan yang cukup informatif dari Ibu Patmawati, rapat dilanjutkan dengan laporan keuangan kas Komite Sekolah oleh Ibu Dina Sari. Selepas laporan keuangan ini, ada pertanyaan-pertanyaan dan masukan-masukan yang diajukan oleh beberapa orangtua murid mengenai penggunaan dana kas Komite Sekolah ini, yang dijawab/dipecahkan dengan diskusi bersama antara pengurus sekolah dan para orangtua murid yang hadir, sehingga akhirnya ditemukan kata sepakat. Salah satunya disepakati laporan penggunaan dana KS ini akan diterbitkan setiap 3 bulan sekali.

Akhirnya, sekitar pukul 10.30 acara ditutup dengan halal bi halal diiringi ucapan Mohon Maaf Lahir dan Batin dari para pengurus sekolah yang diwakili oleh Ibu Patmawati mengingat masih dalam suasana lebaran, dan semua yang hadir saling bersalaman dan bermaafan.