Sebagai generasi penerus bangsa yang akan mewarisi bumi Indonesia ini, anak-anak perlu diperkenalkan sejak dini akan kecintaan terhadap lingkungan hidup. Salah satu hal yang paling mudah untuk diajarkan kepada anak-anak sejak dini adalah kecintaan akan pepohonan dan lingkungan yang tentunya akan sangat bermanfaat di kemudian hari.

Teacher Erni menjelaskan kepada anak-anak tentang penanaman pohon

Teacher Erni menjelaskan kepada anak-anak tentang penanaman pohon

Sehubungan dengan hal itu, maka pada hari Sabtu tanggal 31 Januari 2009 di halaman sekolah ECM dilakukan kegiatan Menanam Pohon di Dalam Pot yang melibatkan seluruh murid dan para guru sekolah ECM. Seluruh murid terlihat sangat asyik menikmati kegiatan ini karena mungkin ini adalah pertama kalinya bagi mereka melakukan penanaman pohon sendiri. Dengan dipandu oleh Teacher Erni, pohon-pohon kecil yang telah disediakan oleh pihak sekolah ditanam ke dalam pot-pot kecil yang dibawa oleh masing-masing murid, sedangkan media tanamnya yang berupa tanah adalah sumbangan dari orang tua murid dan Komite Sekolah.

Diharapkan dari kegiatan semacam ini, di dalam diri anak-anak yang masih sangat belia dan merupakan generasi emas harapan bangsa tumbuh kepedulian yang besar terhadap kondisi lingkungan hidup di sekitar mereka sehingga kerusakan di muka bumi dapat diatasi dan dihindari.