Selain mengenalkan dan mendekatkan anak-anak pada dunia kesenian dan olahraga, sekolah ECM juga mengenalkan dan mendekatkan anak-anak didiknya pada keimanan dan ketakwaan pada Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Salah satu kegiatan yang diikuti sehubungan dengan hal tersebut adalah Festival Manasik Haji Pelajar Provinsi Kepri pada tanggal 8 Maret 2009.

spanduk manasik haji

Bertempat di lapangan di depan gedung walikota Batam, Festival berlangsung dengan sangat meriah. Sejak pukul 8 pagi halaman gedung walikota Batam telah dipenuhi oleh peserta dari berbagai sekolah yang ada di kota Batam. Festival ini diikuti oleh perwakilan sekolah-sekolah tingkat mulai TK hingga SMA, di mana masing-masing perwakilan sekolah yang berupa kelompok-kelompok harus memperagakan proses manasik haji dengan tahap-tahap dan doa seperti ibadah haji yang sesungguhnya. Di setiap tahap dari manasik haji yang diperagakan ini, pihak panitia melakukan penilaian, karena pada akhir acara akan ditentukan pemenang dari festival ini untuk tiap tingkat sekolah.

Walaupun festival berlangsung di bawah sengatan terik matahari kota Batam yang tidak bersahabat, namun anak-anak dengan berbagai perlengkapan haji berupa seragam, kaca mata hitam, jilbab, peci, dan tas kecil berisi batu kerikil tetap semangat mengikutinya, dengan dibimbing oleh guru-guru mereka. Sungguh mengharukan melihat semangat anak-anak melakukan prosesi ibadah haji, sambil mulut mereka tidak hentinya mengucapkan kalimat-kalimat puji-pujian dan doa kepada Allah SWT.

Semoga anak-anak yang suci ini dapat memenuhi panggilan Rabb-nya ke tanah suci kelak. Aamiin…

(Foto-foto dapat dilihat di GaleriFoto)