Wisuda Angkatan I TK ECM

Tidak terasa sudah tiba saatnya TK Educate Center Mas melepaskan cendekiawan-cendekiawan ciliknya ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi, sebab dengan berakhirnya tahun ajaran 2008-2009 maka berakhir pula masa pendidikan murid-murid di kelas TK-B (K-3) untuk melanjutkan pendidikan mereka di Sekolah Dasar.

Untuk melepas ‘keberangkatan’ para ‘calon alumnus’ ini, maka pada tanggal 13 Juni 2009 bertempat di Hall terbuka Lt. Dasar Mega Mall Batam Center, TK Educate Center Mas mengadakan acara pelepasan murid-murid kelas TK-B, yang bertema: “TK Educate Center Mas Mencetak Generasi Emas dan Berprestasi”.

Pada acara ini, digelar hiburan yang dibawakan oleh seluruh murid TK ECM, mulai dari PG hingga TK-B. Berkat bimbingan para teacher di TK ECM, bocah-bocah yang lugu dan lincah dapat membawakan berbagai tarian, nyanyian, berpuisi, bermain drama, bahkan fashion show. Menyaksikan mereka dengan berbagai gaya, semangat, dan kelincahannya menimbulkan kelucuan dan kebanggaan tersendiri, serta kekaguman atas kesabaran para teacher yg mengajari mereka.

Piala penghargaan prestasi
Menjelang berakhirnya rangkaian acara pelepasan murid TK ECM, diumumkanlah nama-nama  murid yang mempunyai prestasi akademis di tingkatnya masing-masing, yaitu dari TK A (the best 5), dan TK B (the best 10), untuk naik ke atas panggung dan menerima simbol prestasi mereka berupa piala. Selain murid-murid yg berprestasi akademis, diumumkan pula prestasi-prestasi dari berbagai kategori attitude (tingkah laku) yg terpuji, seperti : rajin, ramah, suka berteman, penurut pada guru, dsb, sehingga bisa dikatakan semua murid mendapatkan penghargaan piala utk prestasi tingkah laku terpuji ini karena memang anak-anak dapat diibaratkan berupa lembaran kertas putih bersih yg seharusnya ditulis dengan tinta emas berupa catatan tingkah laku terpujinya masing-masing.

Acara selanjutnya adalah inti dari rangkaian acara pelepasan murid TK ECM, yaitu wisuda para cendekiawan cilik lulusan TK ECM. Semua murid TK B yg diwisuda – lengkap dengan baju dan topi toga mereka – berbaris di atas panggung untuk bersama-sama mengikuti prosesi wisuda. Prosesi wisuda dilakukan oleh Bp. M. Suut selaku pemilik yayasan, dengan menyalami memberikan selamat, sertifikat, dan memindahkan tali topi toga dari kiri ke kanan. Setelah acara prosesi selesai, maka resmilah murid-murid ini lulus pendidikan di TK ECM dan bisa melanjutkan ke tingkat sekolah yg lebih tinggi (SD). Kemudian seluruh murid yang diwisuda menyanyikan lagu “Guru sang pelita” * (mohon maaf jika judul kurang/tidak tepat)

Rangkaian acara ditutup dengan menyanyikan lagu “Kemesraan” bersama-sama oleh para teacher, murid-murid yang diwisuda, team Komite Sekolah, pengurus yayasan, dan panitia, di atas panggung. Acara penutup yang cukup mengharukan ini menunjukkan bahwa meskipun murid-murid TK B sudah saatnya “meninggalkan” almamaternya sekolah ECM, ikatan batin yg telah terjalin selama 2-3 tahun dengan para teacher tdk dapat diputuskan begitu saja.

“Selamat jalan para cendekiawan cilik calon penerus bangsa, semoga kalian  selalu mendapatkan pendidikan yang terbaik untuk masa depan kalian.
Terima kasih para teacher, engkaulah pahlawan sejati tanpa tanda jasa”

* Kita jadi pintar menulis dan membaca, karena siapa
Kita jadi tahu beraneka bidang ilmu, dari siapa
Kita bisa pintar, dibimbing pak guru
Kita bisa pandai, dibimbing bu guru
Gurulah pelita, penerang dalam gulita
Jasamu tiada tara…………

(foto-foto acara pelepasan dapat dilihat di Galeri)