Pendidikan diharapkan mampu melahirkan masyarakat yang terdidik berakhlak mulia dan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup secara harmonis, toleran dalam kemajemukan, berwawasan kebangsaan yang demokrasi serta berwawasan global. Hal ini relevan dengan tujuan pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam UU Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional pasal 3.

Dengan melihat pentingnya pembentukan karakter peduli terhadap lingkungan ini maka peran pendidik sangatlah penting dalam mengarahkan dan memberikan bimbingan kepada anak didiknya agar selalu peduli terhadap lingkungannya. Dalam lingkup proses belajar diharapkan agar setiap individu pendidik dapat mengintegrasikan mata pelajaran yang sesuai dengan pembentukan karakter tersebut. Misalkan pada pembelajaran IPA dan IPS yang seringkali terdapat materi yang berhubungan dengan lingkungan. Peran pendidik sangatlah penting dalam membangun karakter peserta didik dalam menempa peserta didik yang merupakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sesuai dengan cita-cita bangsa.