Taman Bermain dan Kanak-kanak Educate Center Mas (ECM) adalah sebuah lembaga edukasi untuk anak-anak usia 3-6 tahun, yang di kelompokkan dalam kelas-kelas belajar : Play Group (K1), TK A (K2), dan TK B (K3).

ECM secara resmi terdaftar di Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Batam pada tanggal 28 April 2008 dengan nomor statistik : 22-NS-PLS-BTM-2008.

Sesuai dengan namanya, sekolah Educate Center Mas ini mempunyai visi menjadi salah satu Pusat Pendidikan (Educational Center) bagi anak-anak yang kelak akan menjadi generasi emas (Mas) di masa yang akan datang, yang mampu bersaing dan bertanggungjawab serta beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Lambang ECM yang digambarkan berupa dua buah tangan berbeda warna saling menggenggam erat dengan latar belakang bola dunia, menunjukkan arti bahwa sekolah ECM mempunyai konsep pendidikan yang global dan mengikuti perkembangan dunia, ditujukan bagi siapa saja tanpa membedakan suku, agama, dan latar belakang masing-masing, namun tetap erat bekerjasama dalam perbedaan tersebut. Sedangkan huruf-huruf ECM berwarna emas menunjukkan visi ECM seperti dijelaskan di atas.

Di sekolah ECM ini kurikulum yang diterapkan adalah Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dari Departemen Pendidikan Nasional, ditambah dengan keagamaan sesuai dengan keyakinan masing-masing, dan pengenalan bahasa Inggris (English) sejak usia dini. Jadi selain kemampuan motorik anak-anak dilatih dan diasah dengan berbagai permainan, pekerjaan ketrampilan tangan, dan olah fisik, diajarkan pula dasar-dasar membaca, menulis, berhitung (calistung), dan berbagai kosa kata dalam bahasa Inggris. Adapun sistem pengajaran dasar membaca di ECM menggunakan metode Cantol Roudhoh, yaitu suatu metode mengajarkan membaca sederhana dengan menggunakan gambar berwarna, simbol-simbol huruf, dan mengenalkan seluruh bunyi suku kata dasar yang menjadi pembentukan kata dalam bahasa Indonesia. Dalam metode ini diterapkan teknik-teknik mengingat simbol-simbol huruf dan bunyi.

Kegiatan belajar-mengajar di ECM didukung oleh para guru profesional lulusan PGTK, yang tentunya mengerti dunia pendidikan khususnya dunia pendidikan anak-anak, yakni:

  • Ibu Patmawati (Teacher Wati)
    Selain sebagai guru, di ECM Teacher Wati menjabat sebagai Kepala Sekolah (Principal)
  • Ibu Nurbaiti (Teacher Nur)
    Ibu yang biasa dipanggil Teacher Nur oleh anak-anak didik di ECM ini adalah wali kelas TK A (K2), dan juga mengajar pelajaran Agama Islam
  • Ibu Erni Panjaitan
    DI ECM Teacher Erni wali kelas TK B (K3), dan juga mengajarkan Bahasa Inggris